Senin, 07 Maret 2016

#ERPT01B 2

DEFINISI ERP(Enterprice Resources Planning)


   ERP merupakan suatu cara untuk mengelola sumber daya perusahaan dengan menggunakan teknologi informasi. Penggunaan ERP yang dilengkapi dengan hardware dan software untuk mengkoordinasi dan mengintegrasikan data informasi pada setiap area business processes untuk menghasilkan pengambilan keputusan yang cepat karena menyediakan analisa dan laporan keuangan yang cepat, laporan penjualan yang on time, laporan produksi dan inventori. Program ERP sangat membantu perusahaan yang memiliki bisnis proses yang luas, dengan menggunakan database dan reporting tools manajemen yang terbagi. Business processes merupakan sekelompok aktivitas yang memerlukan satu jenis atau lebih input yang akan menghasilkan sebuah output dimana output ini merupakan value untuk konsumen. Software ERP mendukung pengoperasian yang efisien dari business processes dengan cara mengintegrasikan aktivitas-aktivitas dari keseluruhan bisnis termasuk sales, marketing, manufacturing, logistic, accounting, dan staffing.

    Implementasi ERP pada perusahaan di Indonesia yang mempunyai harapan untuk mempercepat proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan meraup pendapatan yang lebih besar. Namun, pada saat implementasi banyak faktor yang dapat menggagalkan implementasi dan merupakan masalah yang dihadapi antara lain :
  1. Manajemen tidak menyediakan proyek tim yang terbaik pada proyek implementasi menyangkut kompetensi anggota tim, kredibilitas dan kreativitas tim proyek, kepemimpinan tim yang efektif, komitmen tim, tanggung jawab tim, jumlah tim yang memadai, tanggungjawab yang tumpang tindih pada tim, pendekatan kerja yang kurang jelas, tujuan yang tidak dipahami oleh tim proyek.
  2. Manajemen tidak mampu membedakan bahwa e-business bukanlah sekedar investasi teknologi informasi melainkan perbaikan proses bisnis atau peningkatan bisnis dengan didukung teknologi informasi. Akibatnya nilai investasi e-business yang ditanamkan tak bisa kembali, karena banyak pimpinan perusahaan yang memiliki pengertian bahwa e-business adalah sekedar investasi teknologi informasi, bukan investasi bisnis yang didukung teknologi informasi.
Keuntungan Penggunakan ERP
  1. mengintegrasikan keuangan, sehingga pada bagian TOP MANAGEMENT dapat mengetahui keadaan keuangan sebagai alat bantu pengambilan keputusan dan mengontrol kinerja bagian keuangan pada perusahaan agar bekerja lebih baik.
  2. Standarisasi Proses Opersional, menstandarisasikan proses produksi dengan melihat dari hasil pengujian praktik terbaik yang didapat sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja, mengurangi hal-hal yang tidak efisien dan meningkatkan kualitas produk.
  3. Standarisasi Laporan, menstandarisasikan bentuk laporan, terutama bagi perusahaan yang besar yang memiliki unit bisnis yang beragam dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda-beda, sehingga memudahkan mengerti dalam membaca laporan yang ada.
Tolok Ukur Kelebihan yang didapat
  1. Penururan Inventori
  2. Penyusutan tenaga kerja yang diperlukan
  3. Meningkatkan pelayanan
  4. Meningkatkan kontrol keuangan
  5. Mengurangi waktu dalam mendapatkan informasi

Kelebihan Penerapan ERP
  1. Single entry
  2. Greater management visibility, increase monitoring
  3. Meningkatkan pelayanan pelanggan
  4. Mengintegrasikan data dan informasi keuangan
  5. Lebih efisien
  6. Menstadarisasi prosedur operasi bisnis
  7. Akses kontrol yang mudah
Disamping keuntungan, pasti ada kerugian atau kelemahan. Berikut kelemahan penerapan ERP :
Kelemahan Penerapan ERP
  1. Biaya untuk penerapan ERP
  2. Memakan waktu untuk penerapan ERP
  3. Dapat mengganggu proses bisnis dan budaya perusahaaan
  4. Kompleks ( Terlalu rumit )
  5. Adanya perlawanan dalam penerapan ERP 
Sumber : http://www.monsoonacademy.com/article/146689/Pengenalan-ERP.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar